Sejarah Kepabeanan

Catatan adanya pemungutan bea pertama kali di dunia, ditemukan di Mesir. Sekitar tahun 2012, Bea Cukai Mesir menemukan sebuah papirus Mesir kuno yang berisi tarif bea yang berlaku pada sekitar 2.000 tahun SM. Anda dan saya tentunya boleh mengacungkan jempol ke Mesir kuno ini, karena selain memberlakukan pajak pertama kali (tithe), dengan temuan tersebut, berarti mereka jugalah yang pertama kali memberlakukan sistem kepabeanan di dunia.

Adapun di peradaban lain, yakni Mesopotamia, belum ditemukan informasi yang menyebutkan bahwa mereka telah memberlakukan sistem kepabeanan. Meskipun dalam Hukum Hammurabi tercakup pula peraturan mengenai perekonomian, namun secara spesifik belum ditemukan data mengenai ada tidaknya pungutan pabean terhadap barang-barang dagang pada masa itu. Padahal intensitas perdagangan Mesopotamia saat itu sudah cukup tinggi, terutama dengan Mesir dan Indus. Mengingat Mesir telah memberlakukan pungutan pabean, yang berarti berlaku juga untuk barang dari Mesopotamia, ada kemungkinan penguasa Mesopotamia memberlakukan hal yang sama, atau setidaknya pernah mendengar adanya sistem ini.

(masih berlanjut)

 

One thought on “Sejarah Kepabeanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>